Jumat, 09 Juli 2010

Cyber Crime

Di jaman modern ini, operasi kejahatan oleh orang jahat (ya iyalah masa ama orang baik?) semakin canggih. Ga heran juga kalau komputer digunakan juga sebagai media yang tepat. Beda banget ama kejahatan biasa (di dunia nyata) kejahatan komputer atau kerennya cyber crime, komputer adalah alat utama dalam melakukan kejahatan. Internet yang menjadi suatu bagian dari kehidupan modern telah menjadi kejahatan semakin berkembang dibalik itu juga informasi terbaru tentang segala sesuatu dan kemajuan IPTEK semakin meningkat ke tingkat yang luar biasa, jadi pantes juga kalo internet dibilang 'pedang bermata tiga' (satu sebagai kemajuan teknologi, kedua kemajuan (lebih tepatnya) kemalasan, ketiga kemajuan kejahatan.
Sampe saat ini yang namanya undang-undang yang khusus buat nangkep orang yang telah bersalah dalam kejahatan komputer memang belom ada (ato mungkin dalam proses) di negara ini. Sambil nunggu proses hukum cyber atau cyber law. Kejahatan komputer makin menggila dan berkembang. Ini adalah contoh kecil dalam cyber crime.
1.Penipuan (Fraud) : Penipuan dengan hubungan internet. Ada penjual di internet yang kita udah ngirim uang dan mesen barang tapi sama sekali tidak dikirim ke pada pembeli (kebayang kalo belinya itu barang mahal dan penting)
2.Spamming : Ngirim e-mail yang isinya ga penting-penting amat, biasanya sih iklan. Spammer (orang yang ngespam) biasanya punya progam ato cara tertentu yang bisa mengumpulkan alamt e-mail. Dan kedatengan e-mail itu susah bwat diblok ama kita.
3.Cracking atau Black-Hat : Kejahatan dengan memasuki sistem punya orang lain, setelah diambil data-data penting dari komputer itu sistem plus isi komputernya dimodifikasi sedemikian rupa hingga rusak dan menghancurkan komputer itu secara maya (progam) dan nyata (hang atau koslet meledak). Yang paling penting adalah tanpa izin pemiliknya.
4.Probing : Pengintaian sistem punya orang lain, sistem ini nantinya akan dilumpuhin, dikacauin, atau dirusak oleh sistem komputer milik pelaku. Agak mirip cracking memang tapi dalam cracking biasanya langsung dirusak dengan jangka waktu lebih cepat. Dalam hal mengintai sistem namanya beda lagi ternyata namanya itu hacking.
5.Pembuatan dan penyebaran virus : Tenang dikit jangan langsung tutup hidung, virus ini ga pake bersin segala ato dari babi dan unggas. Maksudnya virus disini tuh virus komputer yang dirancang untuk memperbanyak diri dan merusak komputer korban. Pernah diajarin biologi tentang virus kan nah cara kerjanya emang 'mirip-mirip' dikit ama virus komputer yang ada di dalem tubuh kita.
6.Carding : Make kartu kredit orang lain bwat blanja di internet (Ebay salah satunya) tanpa izin pemilik ato basa standarnya mencuri.
7.Salami Slicing : Kejahatan ini tuh bentuknya pengambilan uang yang berulang-ulang dalam jumlah kecil. Seperti peribahasa sedikit demi sedikit menjadi bukit, teknik seperti inilah yang dilakukan oeh para pelaku. Rada mirip juga ama korupsi, tapi versi dunia maya (bukan ketemu Ahmad Dhani ato Ariel Pentil Ban ya) alias lewat komputer.
Inget kejadian hilangnya uang di ATM di berbagai bank di daerah Jawa dan sekitarnya? Nah kejahatannya mirip kaya gini, cuma cara mereka tuh pake ngintip nomer pin dan nyetak kartu kredit korban, kamu korbannya ? Semoga iya, soalnya kalo duitnya ke gwe ga papa ya..
Kesimpulannya, hati-hati dalam pemakaian internet, nih ada sedikit tips biar ga gampang ketipu ama mereka para pelaku kejahatan yang masih berkeliaran.
1.JANGAN PERNAH LU KASIH DATA PRIBADI (apalagi lengkap ama foto dan hobi dsb) KE ORANG YANG BELOM LU KENAL BENER. Ga hanya di dunia maya aja, di dunia nyata juga harus gitu, karena bisa aja data-data yang lu punya dipake bwat hal yang engga-engga ama pelaku.
2.HATI-HATI DALAM TRANSAKSI ONLINE. Kalaupun lu emang mau banget bwat transaksi lewat online, pastiin tu situs adalah situs yang bisa dipercaya. Kadang situs ginian punya jasa keamanan dari pihak ketiga (contohnya Verisign, Thawte, ato Trust, mungkin juga Ebay) Dengan begitu, nomer pin kartu kredit lu bisa aman dari hal-hal yang diinginkan penjahat cyber.
3.JANGAN DONLOT, FILE ATTACHMENT DARI ORANG YANG GA LU KENAL. Kenbanyakkan virus komputer berkembang dari file yang kaya gitu.
4.HATI-HATI JUGA DALAM HAL NYEBARIN ALAMAT E-MAIL KAMU. Supaya lu bisa terhindar dari e-mail sampah dari spammer.
Sebenernya masih ada banyak lagi tipe-tipe kejahatan cyber crime, tapi yang emang perlu bwat diketahui adalah yang seperti ini. Motifnya cybercrime adalah mengambil keuntungan sambil membuat kerugian di pihak lain. Seperti Bang Napi bilang, kejahatan bukan berasal dari sifat penjahatnya, tapi dari kesempatannya dalam melakukan kejahatan, maka WASPADALAH DAN TERUS WASPADALAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sebanyak-banyaknya karena telah bersedia membaca blog ini...
Silahkan memberi komentar untuk saran dan kritik yang tidak pedas agar BlogSpot ini bisa berkembang....