Minggu, 04 Juli 2010

Tanya Jawab Tentang Kentut

thSekali-sekali gak ada salahnya ngebahas kentut, bukan maksudnya jorok, tetapi tanya saja sama diri sendiri, manusia mana sih yang tidak pernah kentut. Apakah kata “kentut” ini harus diganti oleh kata lain supaya lebih sopan kedengerannya, tentu gak mungkin lah. Kentut ya kentut gak bisa diperhalus ato dipersopan lagi katanya.
Di Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri ngomongnya gas berbau busuk yang keluar dari pantat. Nah loh....
Berikut puluhan pertanyaan tentang kentut yang telah dijawab oleh ahli kentutologi ato bisa dibilang Fartkemis (Halah....)
1. Dari mana asal kentut ?
Dari gas dalam usus. Gas dari reaksi kimia & gas dari bakteri dalam perut.
2. Apa komposisi kentut ?
Banyak. Makin banyak udara ditelen, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut. Bakteri juga menghasilkan metana & hidrogen. Pola makan juga nentuin komposisi kentut loh. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen. (Makanya jangan makan cepet-epet).
3. Kenapa kentut berbau busuk ?
Karena ada kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Telur & daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.
4. Kenapa kentut menimbulkan bunyi ?
Soalnya lubang anus itu emang lubang tersempit di dunia hehe canda atuh, karena adanya vibrasi lubang anus pas kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas. (Dan diameter lubang anus lu, hehehe)
5. Kenapa kentut yang busuk itu hangat ?
Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri & proses pencernaan memproduksi panas ama gas busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya, tapi SBD (Silent But Deadly).
6. Berapa banyak kentut diproduksi sehari ?
Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut. (Satu kentut berapa itung sendiri)
7. Mengapa kentut keluar melalui lubang dubur ? Dan kenapa gas kentut tidak melakukan perjalanan ke atas?
Ya janganlah. Gerak peristaltik usus ngedorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gas-nya untuk bergerak ke awasan yg bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. (Bayangin kalo kentut keluar dari lubang hidung).
8. Berapa waktu yang diperlukan oleh kentut untuk melakukan perjalanan kehidung orang lain?
Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu,kecepatan & arah angin, berat molekul gas kentut, jarak antara ‘transmitter’ dengan ‘receiver’.
9. Apakah setiap orang kentut ?
Ya iyalah, kalo masih idup doank ya. (Makanya gak usah malu kalo sering kentut)
10. Betulkah laki-laki kentut lebih sering daripada perempuan ?
Ga ada kaitannya ama gender.. Kalau bener, berarti perempuan menahan kentutnya, & saat kentut banyak sekali jumlah yg dikeluarkan. (Makanya kentut perempuan lebih bau, ha..ha….)
11. Saat apa biasanya orang kentut ?
Pagi hari di toilet. yang disebut “morning thunder”. Kalau resonansinya bagus, bisa kedengaran di seluruh penjuru rumah.
12. Mengapa makan kacang-kacangan menyebabkan banyak kentut ?
Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak bisa dicerna tubuh. Zat itu kalo udah nyampe usus, bakteri di usus langsung berpesta pora & membuat banyak gas. Jagung, paprika, kubis, kembang kol, susu juga penyebab banyak kentut (bukan baunya!).
13. Selain makanan, apa saja penyebab kentut ?
Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah, sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi & muncul sebagai kentut).
14. Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul dari lain lubang ?
Tidak-tidak jelas tidak, sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya lain ama kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak, kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri lebih banyak.
15. Mungkinkah kentut terbakar ?
Bisa saja. Kentut mengandung metana, hidrogen yang combustible (kaya elpiji gitu deh). Kalau kebakar, nyala-nya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen.
16. Bisakah menyalakan korek api dengan kentut ?
Mau bangkrutin Pertamina lu, ga mungkin. Soalnya suhunya ga cukup panas untuk memulai pembakaran.
17. Mengapa kentut anj*ng & kucing lebih busuk ?
Karena anj*ng & kucing adalah karnivora. Daging banyak proteinnya. Protein mengandung banyak sulfur, jadi bau kentut binatang ini lebih busuk. Lain dengan herbivora seperti sapi, kuda, gajah, yang memproduksi kentut lebih banyak, lebih lama, lebih keras bunyinya, tapi relatif tidak berbau. (Meski penyumbang global warming juga sapi sih).
18. Betulkah bisa teler kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut-turut ?
Kentut mengandung sedikit oksigen, mungkin aja lu mengalamin pusing kalau mencium bau kentut terlalu banyak.
19. Apakah warna kentut ?
Tidak berwarna. Kalau warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida, nanti ketahuan siapa yang kentut.
20. Kentut itu apakah asam, basa atau garem ?
Asam, karena mengandung karbondioksisa (CO2) & hidrogen sulfida (H2S).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sebanyak-banyaknya karena telah bersedia membaca blog ini...
Silahkan memberi komentar untuk saran dan kritik yang tidak pedas agar BlogSpot ini bisa berkembang....