Minggu, 04 Juli 2010

Tentang Merokok

Kalian tau rokok, itu loh barang berbentuk silinder yang bisa terbang karena ada mesin di bagian ujungnya, di ujung satunya lagi ada muatan kaya bom ato yang lain, itu roket (ga nyambung sumpah...)
Di negara maju kaya Amerika Serikat orang merokok itu dirasa orang asing di daerahnya sendiri. bahkan orang pun merasa malu jika merokok, karena merupakan suatu kebiasaan yang gak populer lagi.
Gwe ga ngelarang kalo ada orang ato temen gwe ngerokok. Sebenernya, merokok itu adalah hak bagi siapa saja untuk melakukannya dimana saja dan kapan saja, tapi setiap ada hak pasti juga ada kewajiban, apa kewajibannya? Kewajibannya tuh harus tanggung jawab dengan diri sendiri dan orang lain, nih ada sedikit berita dari gwe (bukan copas sumpah)

1.Merokok itu bisa membuat paru-paru kita kacau, asap hasil rokok yang ada di paru-paru ngerusak trus ngancurin alveolus. Kalo ga ada alveolus artinya nafasnya susah kalo, napasnya susah mati aja deh, katanya sih (kata seseorang) alveolus itu kalau rusak waktu memperbaikinya bisa lebih dari sepuluh taun ato ngga bisa dibikin lagi.
2.Merokok itu bisa membuat gigi kita item, kandungan tar di dalemnya bakal ngitemin gigi kita secar perlahan, kerasa liat orang gignya item, orang yang napasnya bau aja udah ngeganggu gimana warnanya juga. Artinya tu orang jijay banget.
3.Merokok itu bisa membuat orang terganggu (kadang ya) asap yang dikeluarin pas lagi ngomong besar kemungkinan kena wajahnya, Belom lagi asapnya diisep dia jadinya secara gak langsung ikut merokok (dari situ namanya ada perokok aktif)
4.Merokok itu bisa membuat kita kanker, terutama kanker paru-paru, kanker mulut dan lidah juga bisa, tapi lebih sering kedengeran yang paru-paru sih. Kanker itu makanan yang kaya buncis gitu, itu kangkung (ga nyambung lagi..)
5.Merokok itu pada kesimpulannya (diambil dari berbagai tempat) dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.

Tapi tenang aja hidup mati sesorang itu ada di tangan Tuhan (dan malaikat maut juga) tapi mending mencegah daripada mengobati kan? Nih ada sedikt cara untuk mencegah berbagai hal yang gak diinginin perokok
1.Kalo udah merokok, minum air mineral yang banyak biar keadaan tubuh bisa rada rileks dikit.
2.Banyakin olahraga, makin sering olahraga paru-paru kita dilatih untuk bisa bekerja dan bertahan dalam (cukup banyak) berbagai keadaan.
3.Kepikiran buat merokok terus, tahan ! Diwaktu luang isilah dengan hal yang lebih seru daripada merokok kaya main alat musik, main game, ibadah, baca buku, olahaga ato enggak NGELONTEEE (HAHAHA).
4.Makan permen mint abis merokok biar baunya ga tercium apalagi kalo di sekolah.
Ada sejuta alasan dan manfaat anda harus berhenti merokok. Perlu anda tahu, manfaat dari berhenti merokok bisa langsung dirasakan oleh tubuh. Contohnya, dalam tempo 20 menit seusai merokok, tekanan darah dan denyut nadi anda akan kembali normal.
Setelah tiga hari tidak merokok, maka nikotin tidak terdeteksi lagi dalam darah, indra penciuman kembali normal, dan anda bisa bernapas lebih lega. Dalam waktu 2 sampai 12 minggu setelah benar-benar berhenti merokok, sirkulasi di berbagai bagian tubuh anda akan berangsur membaik.
Setelah itu, tubuh akan terasa lebih fit dan bugar. Berniat berhenti merokok, tapi tak kunjung berhasil, coba cara ini!
1. Mulailah meredam keinginan merokok. Hasrat yang kuat (lamanya 2-3 menit) umumnya timbul beberapa jam setelah anda menghabiskan rokok terakhir. Memang, dorongan itu hanya sebentar, tapi detik-detik itu merupakan kunci untuk bisa berhenti merokok.
Cobalah melakukan suatu kegiatan untuk menghilangkan keinginan tersebut, misalnya menarik napas panjang, berdirilah dan berjalan sebentar, rentangkan tangan, minum segelas air putih atau jus buah.
2. Cabai bisa meredam keinginan merokok. Sebenarnya, tidak ada jenis makanan yang dapat menghentikan kebiasaan merokok begitu saja. Tapi, jika untuk mengalihkan pikiran anda dari merokok, makanan pedas layak dicoba.
3. Bila ingin berhenti merokok, berhentilah total. Jangan mengurangi jumlah batangnya atau mengganti dengan rokok yang lebih ringan nikotinnya (mild). Karena, penggantian itu membuat anda mengisap rokok mild tadi lebih dalam lagi, dan menyerap lebih banyak nikotin ke dalam paru-paru.
4. Jangan memaksakan berhenti merokok di saat liburan, sebab akan membuat hidup anda semakin berat kala memulai lagi ke aktivitas rutin. Sebaiknya, mulailah berhenti merokok di hari kerja.
5. (For Ladies Only) Sebelum mendapat haid, sebaiknya anda jangan berhenti merokok. Soalnya, bila anda sering mengalami kram perut atau moody, keinginan untuk mengisap rokok malah semakin besar.
6. Minta pasangan, teman, dan keluarga anda untuk tidak merokok di sekitar anda. Katakan, itu merupakan salah satu bentuk dukungan mereka agar anda bisa berhenti merokok.
Nah gitu aja deh nih ada beberapa qoute dalam hal rokok.
'Matikan rokokmu sebelum rokok mematikanmu'
'Seorang perokok tidak bisa merasakan hari tua, karena mereka banyak mati muda'
'If you not smoke, don't smoke. If you smoke, don't stop'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sebanyak-banyaknya karena telah bersedia membaca blog ini...
Silahkan memberi komentar untuk saran dan kritik yang tidak pedas agar BlogSpot ini bisa berkembang....